Jumat, 18 Mei 2012

PERBEDAAN DI ANTARA MANUSIA

jjj
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Manusia diciptakan dalam bntuk yang bermacam , ada yang BUTA, ada pula yg melihat , ada yang berwajah buruk, ada pula yang menawan, ada yg berakal , dan ada pula yg GILA,

Pertanyaaanya Adalah;
Apakah ini tdk br'tentangn dgn k'adilan? Sebab yg BUTA dan br'wjh buruk , tdk dpt menikmati k'nikmatan dunia dan tdk dpt mewujutkn k'inginannya?
Apakah d'akhirat kelak alloh membrkn ganti rugi kpd mereka atas ketrbtsan ini,,andaikan ia salah seorang d'antara mrk mati dlm k'adaan kafir apakah d akhirat ia akn trsiksa, sehingga dgn demikian ia mnjd orng yg tdk beroleh dunia dan akhirat???
Trima ksh.

Jawaban; Adanya perbedaan dalam penciptaan dari sisi perbandingan baik dan buruk, kesempurnann atau kekurangan, serta seliruh kendala lain seperti, kemiskinan dan kekayaan, sehat dan sakit, semua ini tunduk pada HIKMAH khusus yang secara umum dapat mengisyaratkan pada segi segi tertentu dari hikmah YANG DI TUNTUT dalam hal itu , dengan beberapa poin.

Pertama; Apa bila sesuatu dapat di kenali dengan mngenali lawan2nya, maka tidak ada kesempatan bagi munculnya hal yang baik tanpa adanya yang buruk, dan tidak tercipta suatu kesempurnaan tanpa adanya kekurangan, dan begitulah seterusnya.

Kedua; Sesungguhnya perbandingan yang telah itu akan sangat penting dalam keberadaan munculnya kemampuan ALLAH yang mutlak
juga agar di kenal sebagai ZAT yang maha mampu atas segala sesuatu perbedaan perbedaan yang ada bermanfaat untuk mengetahui kelembutan dan amarah allah.

Ketiga; Terkadang kemaslahatan seseorng tersimpan dalam keburukan (rupa) , kebutaan, ujian kemiskinan, sakit dan sebagainya, Jika di teliti lg dlm sebagian kondisi, akan di dapati bahwa kemaslahatan tersembunyi pada apa yang di kehendaki alloh swt.
Banyak sekali bukti-bukti tentang masalah ini. namun cukuplah dengan menyebutkan satu contoh saja.;
Perna di ceritakan bahwa salah seorang NABI melewati sungai dan ingin menyeberanginya.Beliaou melihat sekelompok anak kecil yang di antara mereka terdapat seorang yang BUTA, sementara yang berkumpul sambil mengganggunya, dengan sesekali membenanamkannya ke dalam air. Melihat itu NABI tersentuh, Lalu mohon kepada allah swt. agar menyembuhkan mata anak itu.
allahpun mengabulkan permohonannyahingga anak tersebut dapat melihat. kini ia tidak lagi seorang anak seperti sebelumnya, namun telah dapat memegang tangan teman temannya lalu membenamkannya ke dalam air dan tidak melepaskan mereka sebelum tercekik di dalam air. Dengar cara ini anak yang baru saja di sembuhkan penglihatanya itu telah membunuh beberapa anak kecil linnya dengan menenggelamkan mereka ke dalam air.
Sang NABIpun memohon kepada allah sambil berkata'' sesungguhnya engkau lebih mengetahui ketimbang aku tentang anak kecil itu,'' Beliou lalu meminta kepada allah agar anak kecil itu di kembalikan ke kondisi semula, yaitu menjadi buta lagi.


 Keempat; Yang termasuk salah satu hikmah perbedaan di antara manusia Adalah; Bahwa mereka merupakan lahan ujian allah, agar mereka dapat membedakan antara jalan kebahagiaan dan ke sengsaraaan, sekaligus untuk membedakan pengikut kedua jalan tersebut. orang orang terujiakan di uji dengan kesabaran dan kerelaan, dan orang yang sabar akan beroleh drajat kaum penyabar.
      Adapun orang yang benar selamat akan mampu melalui ujian , dengan bersyukur dan melakukan semua, Taklif  dari allah atas mereka, di hadapan sesama orang-orang yang teruji.
Dalam masalah ini,

Allah berfirman;
Dan kami jadikan sebagian dari kalian cobaan bagi sebagian yang lain,
maukah kalian bersabar?


Berkenaan dengan ganti rugi kekurangan ini tidak perlu di ragukan lagi. sebab di antara salah satu ASMA'UL HUSNA allah swt adalah maha penolong. di sisi lain telah di tetapkan dalam pembahasan limu KALAM bahwa allah swt akan mengganti kerugian para hamba yang mengalami berbagai macam penyakit dan kesulitan serta kekurangan , berdasarka kadar kerelaan mereka dalam menghadapi musibah. Ini jika berkaitan langsung dengan allah seperti buruk baiknya atau kendala-kendala penciptaan, dan lain lain dan tidak ada campur tangan IKHTIAR manusia di dalamnya. 


Dlm bahasn ilmu kalam bhw alloh akn menggti kerugian para hmba yg mengalmi brbgai mcm penyakit dan kesulitan serta kekurangan, brdsarkn kadar kerelaan mrk dlm menghdpi musibah itu, jk brkaitan (lngsung) dgn alloh, seperti buruk baiknya atau kendala2 penciptaan dan lain2, yg tdk ada cmpur tangan (ikhtiar) manusia d dlm'nya.

Dalam kitab,Al-kafi, pada bab''Hebatnya Pujian Bagi Orang Mukmin''
yang di riwayatkan dari Abdullah bin abi YA'FUR, ia berkata; saya pernah mengeluh pada abi abdillah as atas penyakit yang menimpa saya, dan waktu beliou sedang sakit, beliau lalu berkata pada saya, Wahai abdullah seandainya orang mukmin mengetahui PAHALA yang akan di dapatkannya ketika tertimpa kesulitan , maka pastilah ia akan selalu mengharapkannya.''

 Juga, di jilid ke-11 dari kitab BIHAR AL-ANWAR..
Bahwa orang buta bernama ABU BASHIR datang kepada imam al-baqir, lalu meminta agar beliau brdo'a kepada alloh untk membukakan matanya.
kemudian , imam al baqir memintanya agar mendekat, lalu mengusapkan tangan beliau yg mulia kepada kedua matanya, dan iapun dapat melihat.
Imam lalu brkata" apakah engkau ingin menjadi orang seperti ini, di mana engkau memiliki yang di miliki orang, dan engkaupun harus bertanggung jawab atas apa yang menimpa mereka di hari kiamat, ataukah engkau mau di kemblikan seperti keadaan semula dan akan kau dptkan SURGA???

yg dpt di petik dr hadis di atas adalh bhwa allah swt, akan mengganti rugi beban yg di pikul orang buta di dunia ini,
dgn memberikn prtolongan dalam menghadapi beratnya hisab.
ABU BASHIR pun memilih sabar dalam kebutaan demi meraih surga, kemudian ia kembali pada posisi yang awal.

Terdapat banyak hadis dan riwayat islam bahwa allah swt. Memperbanyak pemberiannya di hari kiamat kepada orang2 yang tertimpa musibah ketika di dunia dan akn memberikan pengganti atas kekurangan mereka itu.
Demikian pula kepada orang yang tertunda pengbulan doa dan hajat-hajatnya karena (maslahat) tertentu. Alloh akn memberikan banyak anugrah dan hadiah, agar setiap orng mukmin senantiasa brharap trmsk d antara mereka yg belum di kabulkan doanya sewaktu di dunia.


Adapun maksud sekelompok manusia di dunia ini telah tertimpa berbagai macam BALA' karna maslahat yang berhubugan dengan atau selainnya merupakan contoh orang yang kehilanagn dunia serta akhiratnya adalah apabila mereka mati tanpa keimanan , masalah ini berhubungan dengn buruknya ikhtiar mereka, bersama kekurangan yang menimpa di dunia ini , merekapun dapat memenuhikeinginan memilih jalan kufur dan tidak beriman. karnanya mereka tidak akan pernah berkesempatan mendapat rahmat allah di akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar